Analisa Artikel

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad berjanji akan menyita dan memblokir seluruh harta kekayaan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar yang berasal dari tindak pidana korupsi. Pasalnya, KPK telah menetapkan Akil sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU).

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar (kanan) keluar dari Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi Jakarta, Minggu (6/10/2013), usai mengikuti tes urin oleh Badan Narkotika Nasional. KPK yang menggeledah ruangan Akil di Gedung MK, usai pengangkapan dirinya, menemukan beberapa jenis narkoba di laci kerja Akil.

                                                                 
“Akil kan akan di-TPPU-kan. Semua aset yang berkaitan dengan tindak pidana itu akan dilakukan pemblokiran dan penyitaan,” kata Abraham seusai menghadiri pelantikan Dirjen Pas di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (12/11/2013) sore.

KPK menetapkan Akil sebagai tersangka untuk tiga kasus sekaligus. Selain disangka menerima suap terkait Pilkada Lebak dan Gunung Mas, Akil diduga menerima pemberian hadiah atau janji terkait perkara lain yang ditanganinya di MK. Mantan politikus Partai Golkar itu juga dijerat dengan undang-undang tentang tindak pidana pencucian uang.

KPK menangkap tangan Akil bersama Chairun Nisa dan Cornelius Nalau di kediaman Akil pada Rabu (2/10/2013) malam. Tak lama setelahnya, penyidik KPK menangkap Bupati Gunung Mas Hambit Bintih serta pihak swasta berinisial DH di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat.

Bersamaan dengan penangkapan ini, KPK menyita sejumlah uang dollar Singapura dan dollar AS senilai miliaran rupiah. Chairun Nisa dan Cornelius memberikan uang itu terkait dengan kepengurusan perkara sengketa pemilihan kepala daerah di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yang diikuti Hambit Bintih selaku calon bupati petahana.

  1. DATA PUBLIKASI
    1. Judul : Ketua KPK: Seluruh Hasil Korupsi Akil Akan Disita
    2. Penulis : Indra Akuntono
    3. Penerbit : Kompas.com
    4. No/tanggal : Selasa, 12 November 2013 | 18:20 WIB
    5. No. Halaman : 1
    6. Tema : Nasional
    7. Ringkasan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad berjanji akan menyita dan memblokir seluruh harta kekayaan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar yang berasal dari tindak pidana korupsi. Akil dinyatakan tersangka oleh KPK dengan tiga kasus sekaligus diantaranya , menerima suap terkait Pilkada Lebak dan Gunung Mas, Akil diduga menerima pemberian hadiah atau janji terkait perkara lain yang ditanganinya di MK.selain itu juga terlibat Chairun Nisa dan Cornelius Nalau dikediaman Akil. KPK menyita sejumlah uang dollar singapura dan uang dollar AS senilai miliaran rupiah. Mereka terkait dengan sengketa pemilihan kepala daerah di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yang diikuti Hambit Bintih selaku calon bupati petahana.

  • Keunggulan

Dari segi berita yang disampaikan sangat singkat,jelas padat. Penyampaiannya tidak bertele-tele maksudnya langsung membahas topik yang dibicarakan.

  • Kelemahan

Untuk topik yang dibahas seharusnya judul artikel ini bisa memberikan berita yang lebih detail dikarenakan berhubungan dengan kenegaraan yang dilihat oleh seluruh masyarakat banyak

  • Saran

Seharusnya artikel ini informasinya  lebih panjang lagi supaya lebih jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s