Euforia Piala Dunia 2014

Tahun 2014 tampaknya akan menjadi momen penting. Bukan soal pilpres ataupun film rilisan awal tahun. Tapi, perhatian masyarakat dunia akan tertuju ke salah satu negara kawasan Amerika Selatan, Brasil. Pasalnya, ajang kompetisi sepak bola terakbar dunia, Piala dunia FIFA atau yang lebih populer disebut dengan piala dunia, akan digelar di negeri samba tersebut. Piala dunia 2014 ini merupakan piala dunia ke-20. Brasil mendapat kehormatan menjadi tuan rumah setelah direkomendasikan oleh CONMEBOL (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan) dan ditetapkan sebagai calon tunggal setelah Kolombia menarik diri pada pemilihan tuan rumah. Sebelumnya, Brasil pernah menyelenggarakan piala dunia pada tahun 1950. Tahun 2014 nanti, bersama dengan Meksiko, Italia, Perancis dan Jerman, Brasil akan menjadi negara kelima yang pernah menjadi tuan rumah piala dunia lebih dari satu kali.

Bagian yang tak pernah dipisahkan dari euforia ajang sepak bola empat tahunan ini adalah pemilihan maskot dan bola resmi. Mungkin tidak banyak orang yang tahu tentang maskot dan logo resmi piala dunia 2014. Jika piala dunia 2010, Afrika Selatan memilih Zakumi, si macan tutul sebagai maskot dan Jaibulani sebagai bola resminya, maka Brasil memiliki pilihan sendiri. Brasil menjadikan armadillo, hewan trenggiling bergaris tiga, sebagai maskot piala dunia 2014 dengan sebutan Fleco. Armadillo merupakan satwa khas Brasil yang terancam kepunahannya dan memiliki keunikan yaitu akan mengkerut berbentuk seperti bola jika merasa terancam. Nama Fleco sendiri merupakan kombinasi dari kata sepak bola (futebol) dan ekologi (ecologia) dalam bahasa Portugal. Selain itu, Brasil juga menetapkan Adidas Bracuza sebagai bola resmi piala dunia 2014. Bracuza dalam filosofi Brazil menjadi simbol emosi, kebanggaan, dan kehangatan bagi semua yang mencerminkan pendekatan Brasil terhadap sepak bola.

 

 

 

Euforia Piala dunia semakin terasa. Setahun lebih lagi ajang turnamen kasta tertinggi sepak bola tersebut akan berlangsung. Lebih dari 160 tim nasional akan bertarung dalam kualifikasi regional untuk melaju ke babak final. Sepertinya FIFA dan tuan rumah telah melakukan persiapan yang signifikan. FIFA telah merilis jadwal piala dunia 2014. Sementara Brasil tetap konsisten untuk melengkapi persiapan piala dunia walaupun menerima berbagai kritikan termasuk dari FIFA.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Brasil Dilma Rousseff meyakinkan Ketua FIFA, Sepp Blatter, bahwa negaranya siap menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2014.
Pembukaan piala dunia dijadwalkan akan digelar pada 12 Juni 2014. Berbagai negara tengah menjalani proses kualifikasi. Rekrutmen pelatih baru hingga seleksi pemain berbakat menjadi bagian dari persiapan tim nasional. Ataupun friendly match hingga kopa regional menjadi bekal menuju piala bergengsi tersebut. Tim Spanyol misalnya, walaupun menyandang status sebagai juara bertahan, tetap melakukan persiapan matang termasuk melakukan laga persahabatan dengan tim nasional lainnya seperti Arab Saudi. Sedangkan tim Panzer, Jerman, yang dimotori oleh Joachim Low memiliki indikasi perubahan strategi yang lebih fokus pada pola defensif. Hal serupa juga dilakukan Argentina untuk membenahi lini tengah dan pertahanannya yang sering kali lengah. Setiap negara tentu telah menyiapkan strategi dan amunisinya untuk menuju piala dunia 2014 nanti.
Ketatnya persaingan dan berkumpulnya dream team dari berbagai negara yang mewakili regionalnya akan menjadi tontonan seru. Akan tetapi, tidak ada jaminan bahwa tim dengan materi pemain yang bagus akan menjadi yang terbaik. Piala dunia selalu memberikan kejutan. Di piala dunia 2010, para penggemar sepak bola dikejutkan dengan tersisihnya Perancis dan Italia yang merupakan tim favorit juara, di babak penyisihan. Banyak hal yang tak mudah ditebak dalam piala dunia. Dan tentu saja, akan kita tunggu kejutan berikutnya di Brasil.

 

sumber : 

http://akmal-aria.blogspot.com/2014/04/euforia-piala-dunia-2014.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s