Pengertian Android dan Versinya

Saat ini perangkat seluler berbasis andoid mulai banyak dikenal oleh masyarkat Indonesia. Beberapa merk handphone pun sudah menggunakan android sebagai sistem operasinya. Namun, kebanyakan masyarakat hanya akrab menggunakannya saja tanpa mengetahui pengertian android yang sebenarnya.

Pengertian Android

Pengertian android

Banyak pertanyaan yang selalu muncul  mengenai android. Pengertian android secara luas adalah sistem operasi yang berbasis Linux dan diperuntukkan untuk mobile device seperti PC, Tablet atau Smartphone.  Bagi anda pengguna gadget pasti anda sudah tidak asing dengan  sistem operasi yang memiliki lambang robot dengan dua antena ini. Android yang dikembangkan oleh Google ini terus melakukan pembaruan versinya yang kebanyakan diberi nama unik dan terkesan lezat. Bagaimana tidak, nama-nama setiap versinya mengadopsi nama makanan.

Versi Android dan Fitur Unggulannya

Setelah mengetahui pengertian android, belum lengkap rasanya apabila belum mengetahui versinya yang terus mengalami perkembangan.

  • Android Jelly Bean; Android Jelly memiliki beberapa versi yaitu versi 4.1 dan 4.2. dan yang terbaru versi 4.3 yang tampil dengan performa lebih baik dari pendahulunya (4.1 dan 4.2).  Versi 4.3 dilengkapi dengan teknologi Smart Bluetooth sehingga anda tak usah khawatir akan kehilangan banyak daya saat menggunakan Bluetooth untuk transfer file atau data.
  • Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS; merupakan android dengan fitur terbaru yang belum dimiliki oleh versi di bawahnya yaitu fitur membuka kunci dengan pengenalan wajah (face detector).  Interface-nya juga smooth dan bersih. ICS juga memiliki font yang simple namun tetap elegant yaitu Roboto.
  • Android Kitkat; terdengar seperti brand sebuah cokelat bukan? Android kitkat yang diluncurkan pada bulan Oktober 2013 ini dilengkapi dengan fitur yang lebih baik dari versi android sebelumnya. Di antaranya, memliki desain ikon dan tema yang lebih reslidtik dan unik. User dapat mengirimkan perintah ke laptop/PC yang terhubung dengan printer berkat fasilitas could printing. Walaupun layar terkunci, user tetap dapat mengakses kamera. Selain itu, ada pembaruan pada navigasi dan status bar.
  • Frozen Yoghurt; Frozen Yoghurt  memiliki beberapa keunggulan, yakni, dapat dijadikan hotspot, performa lebih baik, bisa merekam video dengan HD Quality, dan dilengkapi fitur Adobe Flash 10.1.
  • Android Eclairs, hadir dalam 2 versi yaitu 2.0 dan 2.1. Generasi ke 4 versi android ini lebih memfokuskan diri pada pengoptimalan hardware. Android Eclairs memiliki beberapa keunggulan, yakni kamera 3.2 MP yang didukung flash dan  bluetooth dengan kecepatan transfer tinggi.

Masih banyak lagi versi dari android seperti honeycomb, dan versi lainnya. Semakin tinggi versinya maka anda akan dimanjakan oleh fitur menarik dengan kecepatan yang tinggi. Meskipun versinya bervariasi, pengertian android tetap sama yaitu sebuah sistem operasi handphone yang menawarkan banyak keunggulan, seperti basis open-source, sehingga harganya lebih murah, dan berbagai aplikasi yang memanjakan penggunanya.

http://www.omahandroid.com/2014/02/pengertian-android-dan-versinya.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s