Perkembangbiakan Pada Hewan Beserta Ciri-Cirinya

Perkembangbiakan Pada Hewan.

Seperti yang kita ketahui bahwa makhluk hidup dibumi ini ada 3 yakni Manusia, Tumbuhan dan hewan. Setiap makhluk hidup memiliki cara dan kebutuhannya sendiri dalam melanjutkan kehidupannya, oleh karenanya sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa kita sebagai makhluk Tuhan yang berakal wajib menjaga serta melestarikan Makhluk hidup yang lainnya yakni Tumbuhan dan Hewan. Peran Tumbuhan dan Hewan sangat penting dalam kehidupan ini, bayangkan saja bila tak ada tumbuhan dibumi ini, mungkin kita tidak akan ada juga karena tumbuhanlah yang menghasilkan oksigen yang kita gunakan untuk bernafas, serta hewan yang berperan untuk memenuhi pangan kita dan masih banyak lagi peran penting hewan dalam kehidupan ini. Oleh karena itu semua makhluk hidup ciptaan Tuhan perlu berkembang biak agar keturunan atau generasi dari setiap jenis makhluk hidup tersebut tetap terjaga kelestariannya dan dapat menjaga keseimbangan ekosistem dibumi kita yang tercinta ini. Pada hewan terdapat 3 cara berkembang biak yakni bertelur (Ovipar), Melahirkan (Vivipar), serta Bertelur dan Melahirkan (Ovovivipar).

 

  1. Bertelur (Ovipar).

Hewan yang berkembang biak dengan cara ini pada umumnya adalah unggas dan beberapa jenis ikan, ciri-ciri umumnya ialah menghasilkan telur yang nantinya akan menetas dan menjadi anak. Sedangkan ciri-ciri khususnya yaitu tidak memiliki daun telinga dan kelenjar susu untuk menyusui. Adapun beberapa contoh dari hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur (Ovipar) adalah sebagai berikut :

  1. Ayam.
  2. Bebek.
  3. Burung.
  4. Buaya.
  5. Cicak.
  6. Ikan.
  7.     Angsa.
  8. Nyamuk.
  9. Lalat.
  10. Penyu.


 

  1. Melahirkan (Vivipar)

Pada umumnya hewan yang berkembang biak dengan cara malahirkan adalah mamalia. Ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan yaitu melahirkan atau beranak, sedangkan ciri-ciri khususnya yaitu memiliki daun telinga, kelenjar susu untuk menyusui, mengandung anaknya di dalam rahim, dan pastinya menyusui. Adapun beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara Melahirkan (Vivipar) adalah sebagai berikut :

  1. Sapi.
  2. Kambing.
  3. Paus.
  4. Kuda.
  5. Monyet.
  6. Kucing.
  7. Anjing.
  8. Gajah.
  9. Harimau.
  10. Tikus.

 

  1. Bertelur Melahirkan (Ovovivpar)

 

Perkembangbiakan jenis ini merupakan perkembangbiakan gabungan antara bertelur dan melahirkan karena induk bertelur di dalam tubuhnya lalu akan menetas di dalam perut dan anak keluar dengan cara dilahirkan. Jadi pembuahan dilakukan di dalam tubuh induk dan menghasilkan telur dan benih masih dalam bentuk zigot, dalam masa tertentu telur yang berisi zigot tersebut mengalami perkembangan menjadi embrio yang nantinya akan mengalami perkembangan hingga anak berwujud lalu menetas di dalam perut sang induk dan anak keluar dengan proses melahirkan. Ciri-ciri dari hewan yang berkembang biak dengan cara Ovovivipar adalah : Pembuahan dilakukan di dalam tubuh induk, setelah pembuahan terbentuklah telur, lalu zigot berkembang menjadi embrio lalu berkembang lagi sehingga anak berwujud, telur menetas dalam tubuh dan anak keluar dengan proses dilahirkan. Contoh hewan Ovovivipar adalah : Ular Boa, Platypus, Hiu dan kadal.

– See more at: http://pohonnanasindonesia.blogspot.com/2013/09/perkembangbiakan-pada-hewan-beserta.html#sthash.SblFzMtZ.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s