Sinopsis Catatan Hati seorang Istri-RCTI

 

“Catatan Hati Seorang Istri”

Perjuangan Tiga Wanita dalam 

Mempertahankan Keutuhan Rumah Tangga Mereka

Ada benang merah yang jelas ingin diangkat, yaitu mengenai kisah kehidupan istri-istri yang berada pada komplek perumahan yang sama. Ceritanya berfokus pada kehidupan rumah tangga 3 wanita yang saling bersahabat. Masing-masing dari mereka memiliki permasalahan dengan suami mereka. Sinetron ini dibintangi oleh Dewi Sandra, Yasmine Wildblood, Intan Nuraini, Ashraf Sinclair, Oka Antara, dan Baim Wong. 

Berikut ini adalah sinopsis globalnya :

Kisah sinetron ini berfokus pada cerita-cerita tentang perempuan-perempuan yang masing-masing membawa luka hati. Dinarasikan oleh Hana (Dewi Sandra), seorang penulis buku yang menjadi tokoh utama, yang menceritakan cerita-cerita yang di alami oleh para sahabat-sahabatnya, Vina (Yasmin Wildblood) dan Anisa (Intan Nuraini), yang juga tinggal di komplek perumahan yang sama. Konflik yang terjalin memiliki benang merah yang kuat, yakni bagaimana seorang istri menghadapi berbagai masalah dengan suaminya.

Keluarga Hana
Hana hidup bersama suaminya, Bram (Ashraf Sinclair), dan putrinya, Rosi. Pada awalnya, keluarganya selalu terlihat harmonis, sehingga banyak teman dan kenalan serta pembaca blog “LAILA” yang menceritakan tentang masalah rumah tangganya pada Hana. Hana hanya bisa memberi nasehat pada mereka agar sabar, tawakkal dan tetap tawadhu’. Sebab tugas berat seorang istri adalah menjaga keutuhan rumah tangganya, setidaknya begitu yang dikatakan Hana ketika salah seorang temannya berkeinginan untuk bercerai dari suaminya. Hana mengingatkan akan tugas seorang istri, “Jika ada kesalahan dari suami maka seorang istri wajib mengingatkannya. Sebab suami itu adalah jembatan seorang istri menuju syurga Allah. Jangan mudah minta cerai. Ingat anak-anak. kasian mereka yang selalu menjadi korban atas keegoisan orangtuanya”

Kehidupan rumahtangga Hana diuji ketika ia menemukan sosok bernama “Hello Kitty” yang selalu mengirim pesan singkat (SMS) mesra pada suaminya. Hana mulai berpikir, apakah mungkin suaminya yang perhatian, lembut hati, serius, pendiam dan sangat dewasa tega mengkhianati cintanya? Logikanya bertentangan dengan hati kecil dan perasaannya. Mana mungkin Bram yang serius menuliskan nama “Hello Kitty” di ponselnya, mungkin ini hanya gurauan. Jika Hana bertanya pada Bram, justru ia membayangkan apakah Bram akan tertawa terpingkal-pingkal mendengar pertanyaannya yang lucu dan cemburu karena HK adalah keponakan, saudara atau sepupunya. Ah … memalukan sekali. 

Hana mencoba mengingat, tak ada satu pun  sikap dari Bram yang berubah dari sejak menikah sampe sekarang. Semuanya masih sama. Walau sudah menemukan bukti-bukti SMS tersebut, Hana berusaha tegar dan mempercayai suaminya. Kenyataannya, Bram sendiri memang mempunyai affair dengan gadis muda bernama Karin (Cut Meyriska) yang ternyata adik sahabatnya sendiri sewaktu di SMA.

Keluarga Anisa
Seiring dengan itu, kegundahan Hana diselingi dengan kisah sahabat-sahabatnya. Anisa (Intan Nuraini), yang tinggal bertetangga dengannya harus menghadapi perlakuan suaminya yang kasar pada keluarganya. Hana sangat prihatin dengan Anisa dan anaknya, Dante, yang juga teman sekolah Rosi. Suami Anisa, Rudolf (Oka Antara) sangat jahat, pencemburu, suka memukul, mengatainya bodoh, main judi, mabuk-mabukan dan main perempuan sehingga ia pun jatuh miskin dan hutang menumpuk. Herannya, Anisa selalu membela suaminya, ia tidak bisa melepaskan diri darinya. Anisa adalah sosok seorang wanita yang tak pernah mengumbar kejelekan suaminya. Anisa mengatakan jika dirinya lah yang selama ini banyak melakukan kesalahan. Selain itu, Anisa ingin mempertahankan keutuhan rumah tangganya demi sang buah hati. Suatu waktu, rumah mereka pun sering didatangi Debt Collector. Tanpa pikir panjang, ia pun menyerahkan perhiasan dari suaminya sebagai jaminan. Rudolf pun berang, bukan main marahnya. Ia pun mencekek leher Anisa hingga tak sengaja Anisa pun menghujamkan pisau dapur ke perut suaminya. Anisa pun bersembunyi, suaminya dilarikan ke RS oleh ustadz yang mengisi pengajian ibu-ibu. Sedangkan keluarga Hana lah yang membantu perekonomiannya, mengurus Dante, membantu membelikan obatnya, membayar semua biaya RS dan Hana juga tutup mulut sama polisi yang mengintrogasi tentang apa yang terjadi di keluarga mereka. 
Setelah melalui pertentangan batin yang panjang, mengingat kesabaran dan kepatuhan Anisa serta melihat kebaikan ustadz yang didholiminya dan keluarga Bram di saat ia pailit, Rudolf pun sadar. Anisa pun kembali ke rumah, mereka bermaafaan. Dan Rudolf kembali menjadi suami yang baik, yang meskipun pencemburu ia lebih bisa menahan diri, ia pun diterima bekerja di kantor Bram dan  keluarga mereka kembali seperti dulu lagi. Sedangkan Anisa ingin membantu keuangan suaminya. Untuk menghindari rasa cemburu dan agar tetep bisa mengurus anak dan suaminya, setelah membaca blog Hana ia pun membuka usaha “catering” di rumah atas izin suaminya.

 

Keluarga Vina
Sahabat Hana yang lain yaitu Vina, ia lebih tegas dalam bersikap. Vina memilih untuk bercerai dengan Helmi (Baim Wong), dan kemudian melanjutkan hidupnya dengan anaknya, Nadia, dan ibunya. Vina pun menghidupi dirinya sendiri dengan menjalankan toko kuenya. Ia pun dipermainkan oleh Rizal, lelaki muda yang dicintai dan memberi janji palsu akan menikahinya yang ternyata hanya menganggapnya “gudang duit” dan memeras hartanya.

 

Helmi sendiri kemudian memilih menikah dengan wanita pujaannya, Raissa yang dikenal saat dugem yang justru banyak memberikannya masalah setelah mereka menikah karena istrinya sama sekali tak peduli dengan suami dan selalu menganggap pernikahannya hanyalah “workshop”, dimana suami yang work dan istri selalu shop. Sungguh menyedihkan. Helmi pun mengidap penyakit karena kebanyakan alkohol, obat terlarang. Ia pun dinyatakan mandul
Tahu ia tak akan mempunyai keturunan, ia pun memohon pada Vina mengenai hak asuh anaknya, Nadia. Dengan berbagai cara dia lakukan agar Vina iba dan menarik simpati Nadia, Helmi pun perlahan berubah menjadi ayah yang baik bagi Nadia, menemaninya bermain dan belajar. 

Dengan perasaan bingung dan alot, ia pun berusaha mengingat semua kebaikan Helmi di masa lampau. Lambat laun, Vina merasa simpati dan membandingkan dengan perubahannya sekarang, juga demi buah hati yang disayangi, mereka berdua pun akhirnya rujuk kembali atas permintaan Nadia yang menginginkan orangtuanya bersatu.

Di samping permasalahan pokok ke tiga keluarga, masih banyak pula kisah kehidupan lainnya berikut dengan apa yang mereka perbuat misalnya :
– Pak Ustadz dan istrinya, Muslimah pasangan yang sempurna, pintar dan religius. Tapi telah lama menikah belum juga dikaruniai seorang anak karena ia terkena kista. Diantara mengangkat rahim untuk kesembuhan kistanya atau bersabar sampai diberi momongan. Sadar akan hal itu, sang istri pun rela jika dipoligami. Tapi tak ada terbesit niat poligami sedikitpun di hati suaminya.
– Sofi, teman Hana. Kaya, mandiri, umur sudah cukup banyak tapi belum juga menemukan pasangan hidupnya.
– Onah, pembantu Vina. Sudah lama menikah tapi belum juga dikaruniai anak. Dalam kesederhanaan mereka pun saling menyayangi dan selalu mesra, 
– dan silakan perhatikan simak baik-baik hal-hal baik yang begitu menyentuh lainnya

New Catatan Hati Seorang Istri


Akankah abadi cinta yang telah terikat oleh tali suci, jika tak kau jaga sepenuh hati? Apa yang sanggup diucap seorang istri, ketika melihat seorang gadis bersama keluarganya datang melamar sang suami?  Bagaimana harus bersikap saat suami berpaling, dan ingin menikah lagi?  Benarkah ketika suami berkata ingin menikahi perempuan lain, ia sedang jatuh cinta?
Saat cinta berpaling, kemana seorang istri harus mencari kekuatan agar hati trus bertasbih?

Karin, bagi Hana adalah adik yang bingung dan kehilangan pegangan. Ia pun mengikhlaskan, mendoakan semoga Karin akan mendapat jodoh pengganti yang terbaik untuknya. Karena ibu Bram, mertua Hana sakit dan mereka saling menyayangi, tak sampai hati Hana menyakiti. Ia pun memaafkan kesalahan Bram dan mereka melanjutkan kehidupan rumahtangganya dan bersikap seolah tak terjadi apa-apa. Kekuatan dan ketenangan itu berasal dari Sang Kholik, Yang Maha Pemberi Taubat. Meski memafkan tak berarti melupakan, tapi setidaknya jejak kebaikan yang panjang tidak boleh hilang dari ingatan hanya karena beberapa kekhilafan.  

Bagaimana Hana akan mengatasi masalah rumahtangganya saat perselingkuhan sang suami akhirnya terbongkar? Temukan juga nasib kisah Vina dan Anisa yang penuh lika-liku dalam Catatan Hati Seorang Istri.

Simak dan tonton selalu CHSI mulai Senin 09 April 2014 setiap hari Pkl. 20.00 WIB di RCTI. Khusus ramadhan mungkin jam tayang akan dirubah, mengingat waktu tersebut bersamaan dengan sholat tarawih. Semoga diubah Pkl. 21.00. Banyak muslimah dan penonton yang mengharap hal yang sama dengan saya. Setelah tarawih pulang, tapi ingat ! tadarusnya jangan lupa yah sahabat. Diganti sehabis sholat maghrib, shubuh atau pada siang harinya. Oke sahabat selamat melanjutkan menonton sinetron dan jangan lupa baca versi buku-nya yah biar makin josh.

Bagi yang sudah terlanjur ketinggalan lihat RCTI seperti saya, berhubung kadang masih lembur atau yang masih berada di luar negeri, tenang! silakan lihat di sini.

Terima kasih buat semua sahabat blogger maupun temans yang lagi lewat yang udah mampir ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan komentar dan link punya panjenengan semua biar lain kali saya bisa mampir dan bersilaturahmi ke blog panjenengan. #CHSIselaludihati

Sembah nuwun. Wassalamu’alaykum wr wb

 

sumber : http://oktiseftinadewi.blogspot.com/2014/06/catatan-hati-seorang-istri-by-asma.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s