ABSTRAK

ABSTRAK

DEFINISI ABSTRAK
Menurut arti kata abstrak dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak berwujud; tidak berbentuk; mujarad. Sedangkan kata abstrak tersebut apabila kita definisikan dalam karya ilmiah adalah suatu bentuk informasi yang disajikan dalam laporan atau karya ilmiah, seperti skripsi, tesis, dan disertasi, yang ditulis secara teknis dengan tujuan agar pembaca segera mengetahui isi yang ditulis secara singkat.
Dengan kata lain, abstak adalah pernyataan singkat tetapi akurat dari sisi dokumen tanpa menambah tafsiran atau kritik dan tanpa membedakan untuk siapa abstrak tersebut dibuat (American National Standard Institute’s 1979).

FUNGSI ABSTRAK
• Current awareness, yaitu untuk memudahkan para pembaca dalam mendapatkan informasi terbaru tentang suatu bidang yang diminati, tanpa harus membaca seluruh isi dokumen.
• Menghemat waktu membaca.
• Melanjutkan membaca atau tidak.
• Menghindari terjadi duplikasi tulisan.
• Keyword, atau kata kunci untuk memudahkan dalam penyimpanan secara elektronis.

JENIS ABTRAK
Abstrak dalam sebuah penulisan karya ilmiah memiliki beberapa jenis penulisan berdasarkan isinya. Abstrak dapat diklasifikasikan dalam dua jenis, yaitu sebagai berikut:
• Abstrak indikatif adalah abstrak yang menyajikan uraian secara singkat mengenai masalah yang terkandung dalam laporan atau karya ilmiah lengkapnya. Abstrak indikatif bertujuan agar pembaca mengetahui isi informasi tanpa memadatkan isi informasi aslinya, dan hanya memberikan indikasi sasaran cakupan tulisan. Maka pembaca dapat mempertimbangkan apakah tulisan asli perlu dibaca atau tidak.
• Abstrak Informatif adalah miniatur laporan atau karya ilmiah asli dengan menyajikan data dan informasi secara lengkap, sehingga pembaca tidak perlu lagi membaca tulisan aslinya, kecuali untuk mendalaminya. Dalam abstrak informative, disajikan keseluruhan tulisan asli dalam bentuk mini. Seperti judul, penulis, institusi, tujuan, metode dan analisis laporan, hasil penelitian, dan simpulan.

CARA PENGGUNAAN ABSTRAK
• Semua bagian harus seimbang. Jangan hanya menonjolkan salah satu aspek saja, tetapi lebih menekankan terhadap hasil penelitian.
• Memakai unsure 5W+1H dengan lengkap.
• Terdapat hubungan yang kohesif antar unsure penelitiannya.
• Terdapat benang merah dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
• Memilih kata kunci sesuai dengan subjek dan objek penelitian yang telah dibuat.

SUMBER :
Ø http://www.artikata.com/arti-317666-abstrak.html
Ø http://www.annehira.com/abstrak-adalah.html
Ø http://fikarzone.wordpress.com/2011/03/23/abstrak-dalam-karya-ilmiah/
Øhttp://dyahratih.blogspot.com/2012/11/kutipan-abstrak-dan-daftar-pustaka.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s