Teknologi Terbaru Mungkinkan untuk Bernapas dalam Air tanpa Menggunakan Tabung Udara

Sebuah teknologi terbaru memungkikan penyelam untuk bisa melakukan aktivitasnya tanpa membawa tabung udara yang cukup memberatkan. Sebagai gantinya, mereka bisa menggunakan sebuah bahan kristalin yang secara khusus telah disintesis sehingga bisa menyerap dan menyimpan oksigen dalam konsentrasi tinggi.
         Kristalin tersebut berhasil ditemukan oleh para peneliti dari University of Southern Denmark. Teknologi tersebut mereka temukan dengan menggunakan bahan cobalt sebagai komponen utama. Professor Christine McKenzie dari University of Southern Denmark mengatakan kalau material kristalin tersebut berfungsi sebagai sensor sekaligus tempat untuk menyimpan oksigen.

dalam-air

Penggunaan teknologi ini pun bakal memberikan waktu menyelam yang lebih lama kepada para diver. Hal ini karena material tersebut dapat pula diatur untuk bisa menyerap oksigen secara langsung dari air. Untuk membuat material tersebut bisa mengeluarkan oksigen yang disimpannya, para peneliti menggunakan panas sebagai trigger. MacKenzie mengatakan pihaknya ingin melakukan penelitian agar bagaimana cahaya bisa dipakai sebagai trigger untuk menggantikan peran panas.

SUMBER: http://www.beritateknologi.com/teknologi-terbaru-mungkinkan-untuk-bernapas-dalam-air-tanpa-menggunakan-tabung-udara/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s