REVIEW JURNAL ILMIAH RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN TEKNIS ( DENGAN MENGGUNAKAN PHP DAN MySQL PADA DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI, INFORMASI DAN TELEMATIKA ACEH

Judul:

Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Teknis (BIMTEK) dengan Menggunakan PHP dan MySQL Pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika Aceh.

Jumlah Halaman:

11 Halaman

Penulis:  

Zuliana Melsa

Tahun:

2012

Tujuan Penulisan:

Pada jurnal ini tujuan penulisan ilmiah adalah untuk mempercepat dan mempermudah dalam mendapatkan informasi yang mengenai hal-hal yang dianggap penting dan sangat dibutuhkan oleh pemerintah Aceh. Untuk membantu kelancaran sistem kerja suatu perusahaan, pemerintah Kota, atau organisasi lainnya di sekitar kota Aceh.

Subjek Penelitian:

Subjek penelitian dari jurnal yaitu Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika Aceh yang beralamat Jl. Tgk. Cot Plieng No.48 Banda Aceh pada bagian Fungsional Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika Aceh.

Metode Penelitian:

padabagian Jabatan Fungsional Dinas Perhubungan,Komunikasi, Informasi dan Telematika Acehdan Lama waktu penelitian dilaksanakan selama3 bulan terhitung mulai tanggal 20 April 2012sampai dengan tanggal 20 Juni 2012Ada tiga metode penelitian yang digunakan pada jurnal ini antara lain penelitian lapangan,  penulisan teoritis, dan studi kepustakaan yang diperoleh dari buku-buku, brosur-brosur dan internet.

Hasil Penelitian:

Diagram Konteks

Diagram konteks berisi gambaran umum (secara garis besar) sistem yang akan dibuat. Secara kalimat, dapat dikatakan bahwa diagram konteks ini berisi “siapa saja yang memberi data (dan data apa saja) ke sistem, serta kepada siapa saja informasi (dan informasi apa saja) yang harus dihasilkan sistem.”

Gambar 1. Diagram Konteks Sistem Informasi Bimbingan Teknis

Flowchart

Gambar 2. Flowchart Sistem yang diusulkan

Untuk memulai program yaitu harus memasukan iduser ke dalam form user yang sudah dibuat oleh Admin supaya memperoleh izin untuk akses sesuai dengan tugasnya, disaat password diinput jika tidak sesuai maka akan muncul sebuah pesan bahwa password yang anda masukan tidak benar, kemudian user harus mencoba lagi dengan menginput password kembali sampai password yang diinput benarbenar sesuai. Jika password yang diinput sudah sesuai, maka akan muncul sebuah pesan selamat datang diaplikasi ini, setelah itu akan tampil sebuah form menu yang didalam form tersebut terdapat 2 (dua) pembagian, input data dan laporan. Data yang diiputakan disimpan kedalam database, data yang sudah disimpan juga dapat diedit dan dihapus kembali sesuai dengankeperluan masing-masing. Hasil dari semua pendataan yang sudah membentuk laporan dapat langsung dicetak, dengan cara masuk kedalam form laporan untuk memilih data yang akan dicetak sesuai kebutuhan masing-masing kemudian tekan tombol cetak. Setelah melakukan pencetakan laporan tersebut user akan langsung keluar dari aplikasi tersebut, laporan yang sudah dicetak kemudian diberikan kepada pimpinan.

Diagram Arus Data (Data Flow Diagram/DFD)

Gambar 3. Data Flow Diagram

Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafik dari sebuah sistem.DFD menggambarkan komponen-komponen sebuah sistem, aliran-aliran data di mana komponen-komponen tersebut, dan asal, tujuan, dan penyimpanan dari data tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s