Kisah Klasik Mata Kuliah Softskill 4 Tahun

   Softskill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya.  Namun ,softskill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan interpersonal.

   Softskill personal adalah kemampuan yang di manfaatkan untuk kepentingan diri sendiri. Misalnya, dapat mengendalikan emosi dalam diri,  dapat menerima nasehat orang lain, mampu memanajemen waktu, dan selalu berpikir positif. Itu semua dapat di kategorikan sebagai softskill personal.

Kemudian yang dimaksud softskill interpersonal adalah kemampuan yang dimanfaatkan untuk diri sendiri dan orang lain. Contohnya,  kita mampu berhubungan atau bernteraksi dengan orang lain, bekerja sama dengan kelompok lain, dan lain lain.

Nah, softskill juga harus di iringi dengan hardskill, karena kita hidup tidak boleh hanya mempunyai softskill yang berkualitas saja, tapi hardskill kita perlu diperhatikan. Dengan memiliki hardskill yang baik, kita bisa menjadi manusia yang berkualitas. Misalnya, kita di sekolahkan oleh orang tua kita, kita akan memiliki ilmu pengetahuan, nah ilmu tersebut akan kita gunakan dalam kehidupan kita nanti, oleh karena itu, hardskill dan softskill yang seimbang dapat menumbuhkan jiwa/pribadi yang berkualitas.

Di Universitas Gunadarma memperoleh mata kuliah softskill sebanyak 1-2 sks tiap persemesternya. Beberapa mahasiswa menganggap softskill sebagai mata kuliah yang tidak penting/ tidak berbobot justru sebenarnya softskill lah yang menjadi pondasi kita bisa  berkembang sesuai pribadi masing-masing.

Sampai pada akhirnya kami mahasiswa tingkat akhir gunadarma disuruh untuk membuat penulisan softskill, Tugas softskill kali ini kami diminta untuk mendeskripsikan salah satu atau beberapa mata kuliah softskill dari semester 1 hingga semester 8 yang “kalian banget”. Maksudnya dari softskill itu diharap kami tahu passion kami dimana, ingin kerja dibidang apa, ingin gaji berapa dsb. Berikut adalah nama-nama mata kuliah softskill yang pernah kami ambil dalam menempuh bangku perkuliahan :

  1. Ilmu sosial dasar
  2. Ilmu budaya dasar
  3. Teori organisasi umum
  4. Teori organisasi umum 2
  5. Bahasa indonesia 1
  6. Bahasa indonesia 2
  7. Pengantar telematika
  8. Etika & profesionalisme TSI

Dari delapan mata kuliah softskill diatas yang saya banget adalah Bahasa Indonesia (Karena saya asli indonesia), Ilmu sosial dasar, ilmu budaya dasar dan teori organisasi umum, kenapa? karena sesungguhnya saya sangat senang berkomunikasi dan saya lebih suka dengan sastra seperti sastra indonesia sampai saya suka sekali dengan namanya teater. dulu sempat ikut sekolah teater di teater ciliwung tepatnya didaerah pasar minggu. walaupun saya dari SMP-SMA tidak pernah ikut organisasi tapi saya suka berkomunikasi oleh sesama, mengenal lingkungan dalam maupun lingkungan luar serta menambahkan wawasan dan menambah banyak teman agar nanti ketika saya lulus saya punya banyak jaringan. dengan banyaknya teman bahagia itu sederhana ketika kita bisa membantu satu sama lain.

Sempat mengikuti SNMPTN milih komunikasi dan manajemen di UNPAD serta SIMAK UI milih komunikasi UI dan sastra jepang tetapin tidak lolos mungkin karena belum jodohnya kali ya di universitas negeri, awalnya masuk gunadarma pastinya karena tidak lolos negeri pada akhirnya saya dapat beasiswa undangan ya bisa dibilang potongan biaya (lumayanlah) hehe dan akhirnya saya memutuskan ambil FILKOM jurusan SI Sebenernya jurusan sistem informasi bukan saya banget karena saya tidak suka ngoding, lucu sih awalnya saya mengambil jurusan sistem informasi ini saya pikir belajar komputer sambil mencari informasi. karena saya mencernany dari kata “informasi” 11 12 lah sama komunikasi tapi nyatany zonk ternyata itu ngoding,menganalisis dengan menggunakan logika huft bisa dibilang salah jurusan huft. tapi, gak ada salahnya menjalankan kuliah di jurusan ini sampai semester akhir. memang takdir Tuhan yang meminta saya untuk menghargai dulu usaha orang tua saya selama setahun ini dan Dia akan menunjukan hikmah dari ini semua. Hasilnya menunjukan saya gagal di semester awal tetapi dengan dua tahun lebih saya duduk dibangku kuliahan ini ipk saya naik ya walaupun belum mencapai 3,00 hampir sedikit lagi sih mencapai target, tetapi saya bangga karena itu hasil kerja sendiri dan pernah dua kali ikut UM.tapi gagal terus  semoga saja minimal target semester akhir bisa mencapai ipk 3 sehingga tidak perlu banyak-banyak UM dan lulus tepat waktu.

Pada semester 6 dengan adanya Pi(Penulisan Ilmiah) saya bisa sedikit tentang phonegap menggunakan dreamweaver dan dengan adanya disemester akhir ini ada pelajaran pemorgraman web dan kelas kami diberi tugas individu untuk membuat web sederhana dengan menggunakan notepad++ dengan adanya tugas individu ini saya jadi mengerti cara membuat web walaupun belum terlalu bisa tapi saya tetap berusaha sendiri dan jikalau sudah pusing kepala barbie saya harus bertanya kepada teman untuk mengajari saya agar saya mengerti.

Setelah lulus kuliah saya ingin bekerja ditempat yang dapat mendukung kemampuan saya, pengennya sih kerja di BANK   iNDONESIA untuk menjadi bagian apa belum tau yang penting sesuai kemampuan dan pendapatan ya saya tahu diri Untuk fresh graduate salah jurusan yaa 3,5jt keatas kali ya hehe. ya bisa dibilang abis lulus berbakti dulu sama orang tua. Buktiin kalo kita bertanggung jawab udah dikuliahin 4 tahun hehe.

Demikian ungkapan saya mengenai tugas softskill selama 4 tahun ini. tapi ini sikap saya yang menaruh mental baja, bekerja, bertanggung jawab, menerima kemudian berbagi. terimakasih

Leave a Reply

